Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CPNS 2021-Kumpulan Soal-soal dan Kunci Jawaban Ujian CAD, TWK, TPK,TIU CPNS terefrensi Fokus Karakteristik Probadi

 1. Salah  seorang pengunjung komplain terhadap pelayanan yang diberikan oleh instansi tempat saya bekerja. Saya akan

A. Membantumenyelesaikanpermasalahan pengunjung tersebut

B. Mengabaikan  karena saya sedang banyak pekerjaan

C. Menjelaskan peran saya di instansi tersebut

D. Menjelaskan   aturan  dan  prosedur yang berlaku

E. Mencatat dan menyampaikan keluhan pengunjung pada  pimpinan atau atasan di instansi

2. Saat  Anda  dan  teman  Anda  sedang melakukan pelayanan, tiba-tiba seorang  ibu marah-marah karena pelayanan yangbtidak sesuai dan memarahi teman Anda sampai menyakiti hatinya. Sikap Anda .... 

A. Diam saja karena tidak ada urusanny dengan saya

B. Menenangkan ibu itu lalu mengarah- kannya ke bagian pelayanan  untuk dilayani dengan baik

C. Menenangkan ibu itu sambil menje- laskan bahwa apa yang dilakukannya menyakiti hati teman saya

D. Menenangkan  ibu itu dan meminta maaf

E. Marah dan mengajak  teman  untuk tidak melayani ibu itu

3. Saat saya sedang melakukanpelayanandi kantor, temanmasakecilsayadatangdengan tiba-tiba. Saya sudah lama tidak berjumpa dengannyadantampaknyadia inginbercerita banyakdengan saya. Saya akan ....

A. Meminta  teman  kantor  saya  untuk menggantikantugas saya karena saya ingin bertemu teman saya tersebut

B. Meminta izin atasan supaya saya bisa menemui teman saya tersebut

C. Memintatemansayatersebutmenunggu sebentar

D. Menutup pelayanan sebentar untuk menemui teman saya tersebut

E. Memintatemansayatersebutmenunggu sampai saya menyelesaikanpelayanan

4. Dalam sebuah kunjungan  kerja, panitia acara memberikan hidangan makanan khas daerah yang sangat tidak saya suka. Yang saya lakukan adalah ....

A. Membeli menu  makanan sendiri supaya tidak memberatkan panitia

B. Memakan menu yang disajikan dalam porsi sedikit saja untuk menghormati

C. Meminta panitia untuk mengganti menu makanan sesuai  dengan kesukaan saya

D. Meminta panitia  untuk membelikan menu khusus buat saya tetapi menggunakan uang pribadi saya

E. Menghabiskan makanan yang disajikan kepada saya tanpa keraguan

5.  Menurut saya dalam bersosialisasi dengan tetangga  dan di dalam  masyarakat umum seharusnya   kita ....

A. Bersikap  aktif dan memberikan peran positif  pada mereka

B. Apa adanya  sesuai  kepribadian saya

C. Bersikap pasif dan menunggu untuk diajak terlebih  dahulu

D. Bersosialisasi seperlunya   saja

E. Menempatkan diri sesuai kondisi lingkungan yang  ada

6. Saya memiliki tetangga yang sangat tidak saya suka karena sering membicarakan hal-hal yang buruk tentang saya. Kebetulan bulan ini pertemuanRT di lingkungan saya akan diadakan di rumah orang tersebut. Saya akan ....

A. Tetap menghadiri pertemuan RTtersebut seperti biasa

B. Tetap menghadiri pertemuan RTtersebut seperti biasa dan menggunakannya untuk mengklarifikasi semua cerita buruk tentang saya

B. Tetap menghadiri pertemuan RTtersebut seperti biasa dan menggunakannya untuk memperbaiki hubungan saya dengan orang tersebut

D. Tidak menghadiri pertemuan RT tersebut

E. Hadir sebentar saja dalam pertemuan RT tersebut

7. Saya adalah salah satu junior di sebuah perusahaan. Pada era saya, perusahaan mengharuskan mengubah sistem kerja menggunakan IT mulai dari pengiriman surat, komunikasi dengan pihak lain untuk bekerja sama, dan segala macam hal lain. Senior di tempat saya masih tetap menggunakan sarana non IT Apa yang saya lakukan? 

A. Memberikan penjelasan kepada senior tersebut

B. Memberikan penjelasan kepada senior 

C. tersebut dan mengajarkan mengenai IT Membantu senior dalam bekerja yang mengharuskan penggunaan IT

D. Biarkan saja sampai senior tersebut

E. merasa IT itu diperlukan Karena IT diharuskan, seharusnya

8. Kamu seorang asisten ahli dari sebuah perusahaan yang tidak paham teknologi, dan kemudian kemajuan IT menuntut Anda untuk membuat sistem baru dalam perusahaan Anda. Sikap Anda?

A. Menerima teknologi baru tersebut, dengan meminta tolong ahli perusahaanmengajari Anda

B. lkut mengembangkan teknologi tersebut dan meminta ahli IT di perusahaan Anda untuk mengajari Anda

C. Menerima teknologi baru tersebut dengan menyerahkan ahli IT dalam pengembangan teknologi yang ada dan Anda ikut andil di dalamnya

D. lkut mengembangkan teknologi tersebut bersama ahli IT dari perusahaan Anda dan Anda membantu menggerakkan anggota lain

E. Menerima teknologi baru tersebut, dan mengkolaborasikannya dengan ide Anda

9. Anda sedang mengerjakan sebuah tugas dengan suatu aplikasi. Tiba-tiba di tengah jalan aplikasi tersebut error sehingga mengganggu pekerjaan. Anda akan ....

A. Langsung menutup aplikasi tersebut agar tidak banyak data yang hilang

B. Memanggil ahli IT dan menanyakan kepadanya

C. Menanyakan kepada teman yang pernah mengalami hal serupa

D. Terus mengerjakan dan berharap aplikasi akan kembali normal

E. Menyampaikan pada atasan dan meminta nasihat 

10. Ada tamu mencari atasan Anda di kantor yang merupakan kawasan bebas asap rokok. Di ruang tunggu, sang tamu merokok dengan asyiknya. Saat satpammenegurnya, tamu tersebut marah. Anda yang menyaksikan kejadian itu akan ....

A. Diam saja, karena bukan urusan saya

B. lkut mengingatkan bahwa dilarang merokok

C. Memberikan permen sebagai ganti

D. Mengajaknya ngobrol dan menemani tamu merokok 

E. Minta maaf bila satpam terkesan ' kurang sopan kemudian menawarkan mi nu man

11. Seorang pelanggan ingin mengurus sesuatu dengan waktu yang cepat, teman Anda kelelahan dan butuh istirahat. Sementara Anda masih ada tugas yang belum selesai, sikapAnda .....

A. Menggantikan teman Anda, dengan mengurusi kepentingan pelanggan tersebut

B. Melanjutkan tugas teman yang kelelahan, supaya kantor tidak terbengkalai 

C. Melapor ke atasan untuk meminta petunjuk

D. Melayani dengan tenang dan sabar walau bukan tugas Anda

E. Menyelesaikan tugas Anda sampai selesai, baru membantu teman yang • kelelahan

12. Pemerintah memberikan arahan kepada seluruh perusahaan agar memperhatikan keberlangsungan lingkungan, salah satunya dengan mengurangi penggunaan kertas dalam kegiatan perusahaan. Dengan demikian perusahaan saya pun memberi arahan seperti itu kepada karyawannya. Sebagai karyawan saya akan ....

A. Menggunakan email untuk mengirim surat

B. Menggunakan email untuk mengirim surat dan melakukan  kegiatan perusahaan secara online

C. Memberikanarahan kepadakaryawan, mengenai hal peduli lingkungan saya akan mengajak mereka

D. Memilah mana kegiatan yang dapat mengurangi jumlah kertas

E. Memberi balasan kepada pemerintah bahwa perusahaan siap mendukung pengurangan penggunaan kertas

13. Seorang relasi kerja yang sangat dekat dengan saya, mengundang saya untuk menghadiri acara pernikahan anaknya di kota yang sangat jauh dari tempat saya berada. Saya akan ....

A. Mengirimanak buah saya untukdatang karena saya tidak kuat melakukan perjalanan jauh

B. Mendatangiundangantersebutsebagai penghormatankepadanya

C. Mendatangiundangantersebut karena dia merupakan pemberi keuntungan yangcukupbesarpadaperusahaansaya

D. Mendatangiundangantersebutdengan mengajak seluruh keluarga saya

E. Tidakmenghadiriacaranamunmemberi sumbanganyang cukup besar

14. Menurut saya cara yang dapat ditempuh perusahaanuntukmeningkatkankeuntungan dari penjualanprodukadalah ....

A. Memproduksi produk dalam jumlah banyak dalam satu kali masa produksi

B. Menurunkanhargajual produkdibanding pesaing

C. Memper1uajsaringanpemasaranproduk

D. Membuat produk baru yang bisa bersaing dengan produk lain

E. Mencari bahan baku yang lebih murah dari yang ada di pasaran saat ini

15. Cara efektif yang dapat dilakukan untuk memelihara hubungan kerja dengan relasi dan pelanggan adalah ....

A. Memberikan mereka banyak hadiah

B. Memberikan servis yang sangat baik

c. Memberikan diskon pada saat mereka melakukan pembelian

D. Menganggapmerekasebagai keluarga dan tidak sekadar pelanggan

E. Sering berdiskusi tentang apa yang mereka inginkan demi kelancaran hubungan kerja

16. Saat pembayaran uang lembur, saya mendapatkan uang lembur yang melebihi jam kerja lembur saya. Saya akan ....

A. Menanyakan kepada bendahara

B. Mengembalikan kepada bendahara

C. Menerimanya dan menganggapnya sebagaibonus

D. Meminta pendapat teman apa yang harus saya lakukan

E. Menerimanyadan pura-puratidak tahu 

17. Seseorang menawarkan saya kenaikan jabatan, namun saya harus mempersiapkan sejumlah uang sebagai imbalannya. Saya akan ....             

A. Tidak menerima peluang tersebut karena sedang tidak memiliki uang

B. Meminta bantuan dari saudara

C. Mencari pinjaman keuangan

D. Mencari uang tambahan di luar kantor

E. Tidak menerimanya dan tetap bekerja seperti biasa        

18. Suatu hari saya datang terlambat ke kantor karena ada kepentingan keluarga yang sangat mendesak. Yang saya lakukan ....

A. Langsung bekerja karena itu hal yang biasa

B. Meminta maaf kepada atasan dan memberikanpenjelasanatas keterlam batansaya

C. Tidak memedulikannya karena keterlambatan tersebut gaji saya akan dipotong 

D. Menyesalinya sepanjang hari     

E. Bekerja lembur untuk mengganti waktu keterlambatan 

19. Temansaya melakukankecurangandengan mengambil sebagian uang kas masuk dari pelayanandi kantor kami. Saya akan .... 

a. Melaporkannya kepada atasan

B. Mengikutinya karena saya sedang butuh biaya

C. Menegurnyadan akan melaporkannya jika tidak menghentikan perbuatannya

D. Meminta bagian darinya

E. Membiarkannya saja mungkin dia sedang banyak kebutuhan

20. Beberapa orang gagal berprestasi dan tidak berhasil meraih kesuksesan karena   

A. Tidak mau bekerja keras      

B. Selalu mengandalkan keberuntungan

C. Menunggu bantuan orang lain

D. Kehilangansemangat dalam mengejar

E. cita-cita Merasa puas dengan kondisinya saat ini

21. Saya terlibat persaingan sengit dengan seorang kompetitor, dan kebanyakan saya kalah. Untuk memenangkan persaingan hal yang bisa saya lakukan adalah ....

A. Mencarikelemahannyadan mengguna-kannya untuk menjatuhkannya

B. Meningkatkan kualitas diri untuk memenangkan persaingan

C. Mencarijalan pintas untuk memenangkan persaingan

D. Menjebaknya dan menjadikan ia memiliki nilai buru

E. Menganalisa kekurangan saya dan memperbaikinya

22. Tantangandalam dunia kerja menurut saya adalah ....

A. Suatu hal yang seharusnya cukup dipikirkan oleh para atasan saja 

B. Sebuah hal yang biasa

C. Hal yangmemacukita untukberkembang

D. Suatu hal yang dapat menghancurkankita

E. Sesuatu yang bisa kita hindari dengan bekerja cermat

23. Saat diberikan kesempatan untuk sebuah tantangan pekerjaan baru biasanya saya 

A. Ragu ragu untuk menerimanya 

B. Menerimanya untuk meningkatkan kemampuan saya

C. Menolak karena risikonya belum saya ketahui

D. Menerimanya hanya jika bayaran yang diberikan sesuai

E. Meminta pertimbangan keluargater lebih dahulu

24. Tempat saya bekerja meminta pegawai untuk mengajukan masukan masukan yang dapat membantu dalam meningkatkan produktivitas Yang saya lakukan 

A. Memberikan ide-ide standar seperti yang dilakukan di tempat lain

B. Memberikan masukan baru yang saya kira dapat meningkatkan produktivitas

C. kerja Diam saja, peningkatan produktivitas pegawai bukan tanggung jawab saya

D. Memberikan masukan jika mendapatkan imbalan yang sesuai      

E. Memintateman yang lebih pintar untuk memberikan masukan yang baik    

25. Menurut saya hal terpenting yang harus dilakukan untuk memenangkan persaingan dunia usaha pada masa kini adalah ....

A. Mencaricara-carabaruuntukmeningkat kan kualitas              

B. Mencari keburukan pesaing usaha     

C. Memberikan pelayanan yang optimal    

D. Menekan biaya produksi          

E. Meningkatkan biaya promosi       

26. Persaingan usaha yang ada saat ini membuat para pengusaha kecil semakin terhimpit oleh permasalahan dalam pemasaran. Sebagai salah satu pelaku usaha kecil yang merasakan dampak tersebut, yang Anda lakukan ....         

A. Berpikir dan mencoba membuat terobosan-terobosan dalam melakukan pemasaran dengan mengubah nama produk atau bungkusan menjadi sesuatu yang menarik

B. Menutupusaha dan mencaripekerjaan lain karena lebih menantang bekerja

C. dengan orang lain Mencoba bertahan dan menunggu para pengusaha kecil bangkrut satu per satu

D. Meminta bantuan pengusaha lain agar bisa bertahan pada situasi yang semakin menghimpit 

E. Membuka kerja sama dengan pengusaha kecil lain supaya mampu bersaing dengan para pelaku usaha 

27. Sebagai pelayan masyarakat, hal yang saya lakukan untuk meningkatkan kualitas kinerja saya adalah ....             

A. Melayani dengan ramah

B. Memberikan informasi sebanyak mungkin

C. Bertindak proaktif dalam pelayanan

D. Melayani dengan ikhlas

E. Menjaga perasaan supaya tidak mudah emosi

28. Saat melakukan pelayanan, hal utama yang saya perhatikan adalah ....

A. Kecepatan pelayanan 

B. Kesesuaian prosedur

C. Kepuasan pelanggan

D. Keramahan pelayanan

E. Keuntungan instansi

29. Ketika menghadapi komplain atau keluhan dari pelanggan mengenai pelayanan yang diberikan tempat kerja saya, saya akan .... 

A. Mencatat dan menyampaikan keluhan tersebut pada atasan saya

B. Mencoba membantu pelanggan menyelesaikan persoalan 

C. Mengabaikankarena kondisiyang adamemang seperti itu

D. Menjelaskan peran saya dalam menangani keluhan pelanggan

E. Menjelaskan aturan dan prosedur yang berlaku pada pelanggan

30. Penilaian orang lain terhadap saya ketika ada yang membutuhkan adalah ....

A. Penuh pertimbangan ketika memberikan bantuan

B. Menghindar saat diminta membantu orang lain

C. lndividualisb, erorientaspi adakebutuhan diri sendiri 

D. Ringan tangan, membantu siapa pun yang membutuhkan

E. Loyal terhadap kelompoknya, enggan membantu di luar kelompoknya

31. Teman saya baru saja sembuh dari sakit dan masih belum mampu bekerja secara maksimal. Yang saya lakukan adalah ....

A. Membiarkannya,karena atasan sudah mengetahui kondisinya

B. Meminta teman untuk membantu pekerjaannya

C. Membantunya dalam bekerja sampai dia bisa kembali bekerja normal

D. Membiarkannya, supaya dia belajar beradaptasi kembali

E. Membantunya saat tidak ada orang lain yang bisa membantunya

32. Terkait dengan orang-orang di sekitar saya, saya terkenal sebagai seorang yang ....

A. Mudah bergerak untuk turun tangan

B. Jarang bergaul, karena saya tidak suka diganggu

C. Teguh pada kemauan meskipun orang lain menentang

D. Menggerakkan orang lain untuk tidak tergantung sesama

E. Menghindari berkegiatan dengan orang yang tidak kompeten

33. Dalam kaitannya dengan perubahan, saya dinilai sebagai seorang yang ....

A. Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru

B. Butuh waktu untuk bergaul secara akrab dengan orang lain

C. Mempunyai keinginan tinggi untuk

D. mengetahui kegiatan orang lain Cenderung kurang adaptif terhadap perubahan

E. Mempunyai pergaulan yang tidak luas di masyarakat

34. Rekan kerja saya dipindahkan ke bagian lain, dan saya mendapatkan rekan kerja baru yang belum berpengalaman dalam bagian pekerjaan yang saya kerjakan. Saya akan ....

A. Meminta rekan kerja yang lebih berpengalaman  supaya tidak memberatkan pekerjaan saya

B. Meminta pindah bagian bersama rekan kerja saya yang lama

C. Segera membantu rekan kerja baru saya untuk menyesuaikan diri dan mempelajari pekerjaan

D. Membagi pekerjaan dan mengerjakan bagian saya sendiri

E. Memberi kesempatan rekan baru untuk mempelajari sendiri pekerjaannya

35. Saya harus memulai pekerjaan di tempat kerja saya yang baru. Untuk mendapatkan kesan positif dari rekan kerja saya, yang saya lakukan adalah ....

A. Meminta petunjuk atasan, apa yang harus saya lakukan

B. Membawa banyak makanan ke kantor setiap hari

C. Berusaha agar cepat akrab dengan rekan kantor yang lain

D. Bersikap ramah dan bekerja seperti biasa

E. Sering membantu mengerjakan pekerjaan teman sekantor

36. Teman saya tidak menepati janjinya untuk mengembalikan uang yang dipinjamnya padahal uang tersebut akan saya gunakan untuk berobat, sikap saya ....

A. Berniat untuk tidak meminjam uang kepadanya lagi

B. Tidak berteman dengannya lagi 

C. Mencaritemantersebudt anmemarahinya

D. Menanyakanalasannyatidak menepati janji

E. Mendiamkannyadantidakmengajaknya bicara

37. Ketika saya frustasi, saya cenderung ....

A. Mudah tersinggung

B. Merenungkan masalah saya

C. Membicarakan masalah saya pada teman

D. Melakukan hal-hal yang ingin saya lakukan

E. Kurangbersemangate, ngganmelakukan apa-apa

8. Saya mendengar kabar bahwa teman dekat saya menjelek-jelekan nama saya di belakang saya. Saya akan ....

A. Memutuskanuntuk tidak berteman lagi dengannya

B. Menemuinyadan bertanyamaksudnya menjelek-jelekkan nama saya

C. Membalas menjelek-jelekan namanya

D. Langsung menemuinya untuk melampiaskan kemarahan

E. Mencoba untuk menelusuri kebenaran kabar tersebut

39. Saat sedang mengerjakan sebuah tugas bersama, rekan kerja saya tiba-tiba dipindahkan ke bagian lain yang tidak berhubungan dengan bidang saya. Saya akan ....

A. Berhenti  mengerjakan   tugas tersebut   

B. Tetap menyelesaikan tugas tersebut karena sudah menjadi tanggungjawab 

C. Meminta kepada   atasan   supaya memberikan rekan kerja baru untuk menyelesaikan tugas tersebut

D. Marah kepada atasan dan tidak mau melanjutkan tugas tersebut

E. Menghadap atasan  dan  meminta penundaan kepindahan setelah tugas selesai dikerjakan

40. Saya mendapatkansebuah pekerjaanbaru. Namun ketika saya melihat perencanaan kerja, ternyata pekerjaan ini terlihat sangat rumit. Saya akan ....            

A. Tetap mencoba setelah memper-timbangkan risikonya          

B. Harus mencoba untuk mengukur kemampuan saya             

C. Minta pendapat orang terdekat untuk mencobanya

D. Saya tidak akan mencoba karena sudah tahu pasti akan gagal       

E. Khawatir kalau mencoba dan akan gagaI 

Posting Komentar untuk "CPNS 2021-Kumpulan Soal-soal dan Kunci Jawaban Ujian CAD, TWK, TPK,TIU CPNS terefrensi Fokus Karakteristik Probadi"